Inilah empat skema Persija Jakarta untuk Juara Grup H di Piala AFC 2018

Jakarta - Persija Jakarta selangkah lagi memblokir babak penyisihan Piala AFC 2018 dengan manis. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu berkesempatan lolos ke babak selanjutnya dan menyegel predikat juara Grup H.
Persija diharapkan dapat melangkah hingga babak final Piala AFC. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Persija ketika ini menghuni puncak klasemen sedangkan Grup H Piala AFC 2018 dengan raihan 10 poin. Hal tersebut terjadi sesudah pasukan Stefano Cugurra Teco mengungguli Johor Darul Ta'zim dengan skor telak 4-0 melewati quatrick Marko Simic.

Klub kehormatan hati masyarakat ibu kota tersebut saat ini unggul selisih gol dan head to head dari Song Lam Nghe An yang pun mengoleksi 10 poin. Jadi, perburuan kedudukan juara Grup H bakal ditentukan pada matchday keenam atau pertandingan terakhir.

Persija akan menghadapi Tampines Rovers pada matchday terakhir di babak penyisihan grup (24/4/2018). Ismed Sofyan dan kawan-kawan jelas menjadi juara Grup H bila mampu meraih kemenangan atas Tampines Rovers dengan skor berapapun.

Persija juga dapat menyandang status tersebut jika bermain imbang melawan Tampines sembari bercita-cita Song Lam Nghe An (SLNA) takluk dari Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan selisih paling tidak tiga gol. Dengan demikian Persija akan meraih 11 poin dan posisi kedua dihuni JDT yang unggul secara head to head dari SLNA.

Jika nantinya Persija bermain imbang melawan Tampines dan JDT juga berbagi poin kontra SLNA, Macan Kemayoran pun tetap terbit sebagai juara Grup H ditemani SLNA sebagai runner-up.

Andai Persija Jakarta dipaksa mengakui kekalahan atas Tampines, kesempatan untuk menjadi juara Grup H juga belum tertutup. Syaratnya ialah JDT dapat mengalahkan SLNA dengan skor berapapun sampai-sampai tak mengolah posisi Persija.


Masih seputar Piala AFC: Persija Berpeluang Lolos ke Final

Terbaru, Persija menang besar 4-0 atas Johor Darul Ta'zim (JDT) pada babak penyisihan Grup H Piala AFC. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 Persija Jakarta berkesempatan lolos ke babak selanjutnya di Piala AFC 2018. Itu sesudah mereka menulis kemenangan telak 3-0 atas Johor Darul Ta’zim (JDT) pada partai kelima Grup H, Selasa (10/4/2018).

Saat ini, Persija bertengger sebagai pemuncak klasemen sedangkan dengan sepuluh poin dari lima partai. Armada Stefano Cugurra Teco unggul produktivitas gol dari Song Lam Nghe An (SLNA) yang mempunyai nilai sama di posisi kedua.


Adapun, Grup H bermukim menyisakan satu pertandingan tersisa. Persija bakal bertandang ke Singapura guna berjumpa juru kunci klasemen, Tampines Rovers pada 24 April 2018.

Performa Persija di Piala AFC berbuah keyakinan diri yang tinggi. Kini, partai puncak jadi target yang realistis guna tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

"Insya Allah, saya optimistis, Persija dapat sampai final (Piala AFC). Dengan situasi seperti ini. Pemain tidak terdapat cedera, kesebelasan tetap terjaga kondisinya, semuanya. Insya Allah dapat sampai final," ujar Manajer Persija, Marsma TNI Ardhi Tjahjoko.

Kompetisi Piala AFC menggunakan bentuk yang bertolak belakang ketimbang kejuaraan lainnya. Ada tiga zona yang terbagi di babak knock out, yakni ASEAN, Asia Barat, dan Inter.

Piala AFC terbagi ke sembilan grup. Perwakilan dari Asia Tenggara (ASEAN) menghuni Grup F sampai H. Dari tiga grup tersebut, melulu masing-masing juara grup dan satu runner-up terbaik yang bakal lolos ke babak berikutnya.

Empat klub Zona ASEAN menyusun bagan tersendiri di babak knock out. Mereka akan bertemu di babak semifinal sampai final. Pemenangnya baru bakal bergabung dengan zona lainnya di babak semifinal bareng wakil Asia Barat dan zona Inter.

Klub yang mewakili ASEAN di babak semifinal akan berjumpa dengan wakil zona Inter. Adapun, partai empat besar lainnya mempertemukan dua klub yang berasal Asia Barat.


Di sisi lain, Ardhi menyatakan bangga Persija dapat mengerjakan revans terhadap JDT. Dalam pertemuan kesatu, Macan Kemayoran kalah 0-3 dari wakil Malaysia tersebut.

"Kita berikrar, bilang pelatih dan pemain, anda balas. Kita main mati-matian dan mati-matian. Partai ini penentu juga. Alhamdulillah anak-anak main pas, bola anda kuasai semuanya," tutur Ardhi.



Sumber: www. liputan6 . com

0 komentar