Ini Dia 12 Tempat Destinasi di Jakarta Utara yang wajib di kunjungi

Logo 12 Jalur Destinasi




1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Siapa sangka di Jakarta Utara ada hutan, meskipun bukan hutan sungguhan, tapi ternyata Muara Angke menjadi satu-satunya lokasi di Jakarta yang memiliki hutan. Meskipun Muara Angke merupakan kawasan yang terletak di pesisir Teluk Jakarta  yang kondisi cuacanya senantiasa panas belum lagi dihimpit oleh  perumahan mewah Pantai Indah Kapuk dan Pluit. Namun kini Hutan Muara Angke menjadi hijau dan hidup pula di dalamnya berbagai margasatwa pesisir, menjadikan Taman Suaka Margasatwa Muara Angke  salah satu tujuan wisata pesisir di Jakarta Utara  yang jarang bahkan tidak ditemui oleh  wisatawan di Jakarta saat ini.

Sambil berjalan di atas   jembatan dari kayu ( board walk ) yang panjangnya sekitar 843 meter  dengan ketinggian kira-kira 20 meter dari permukaan tanah, kita bisa mengitari hamparan hutan bakau sambil melihat-lihat pemandangan yang sangat indah dan  menyejukan. Belum lagi pemandangan yang jarang kita temui di Jakarta yaitu satwa liar seperti monyet - monyet yang bermain bebas berkeliaran di salah satu spotnya serta burung - burung pantai yang jumlahnya diperkirakan 74 jenis yang terbang kian kemari dari satu pohon ke pohon yang lainnya semua itu menambah indah pemandangan di Taman Suaka Margasatwa Muara Angke ini.


Sebagaimana layaknya hutan bakau ( pantai ) di kawasan ini juga ada ular sanca ( piton ), biawak, ular cobra, dan kera ekor panjang. Puas  jalan-jalan berkeliling hutan,kita bisa  mengarungi Sungai Muara Angke sekaligus menuju Pulau Burung yang berada tidak jauh dari Hutan Angke.





2. Sentra Perikanan Muara Angke

PUJASERI adalah tempat atau lokasi Pusat Jajan Serba Ikan  yang terdapat di Muara Angke, pada hari libur atau hari - hari biasa dikunjungi oleh penikmat seafood ( makanan hasil laut ), karena Muara Angke merupakan salah satu Pusat Pemasaran Ikan yang ada di Jakarta Utara selain Muara Baru dan Pasar Ikan.Kita dapat menikmati berbagai makanan hasil laut langsung dari nelayan, tentunya dengan harga yang relatif murah.



3. Kawasan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu tujuan wisata pesisir. Di Pelabuhan inilah pertama kalinya nPasukan Pangeran Jayakarta mendarat , lokasinya  tidak jauh dari kawasan wisata Kota Tua. Sebagaimana layaknya Pelabuhan,pemandangan kapal-kapal kayu (Pinisi) yang berlabuh di  dermaga Pelabuhan  menjadi pemandangan tersendiri, tampak indah memang. Meskipun cuaca di Pelabuhan Sunda Kelapa ini cukup panas, setiap harinyanya banyak para juru foto yang mengabadikan moment tertentu di lokasi wisata ini.  




 






4. Masjid Luar Batang

Masjid Luar Batang adalah obyek wisata pesisir dalam bentuk religi. masjid ini berada di belakang Gedung Museum Bahari.Masjid ini didirikan oleh  Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus yang wafat pada masa penjajahan Belanda dan Beliu dimakamkan di Masjid Luar Batang ini, sehingga sampai saat ini Masjid Luar Batang tidak pernah sepi dari para penziarah.Terlebih lagi pada Malam Jum'at atau Malam - Malam tertentu para penziarah tidak saja berasal dari Jakarta , tetapi dari luar Jakarta pun datang berziarah ke Makam Sang Habib bahkan dari mancanegara.
 
5. Sentra Belanja Mangga Dua

Pusat  Perbelanjaan grosir Mangga Dua  pada mulanya dikenal dengan nama Pasar Pagi Mangga Dua. Pasar Pagi Mangga Dua ini sudah dikenal sejak tahun 1741. Seiring perkembangan zaman Pusat Grosir Mangga Dua ini menjadi terkenal hingga Mancanegara. Karena biasanya para wisatawan yang berkunjung ke tempat - tempat wisata di Jakarta Utara tidak akan melewat untuk mampir di Mangga Dua ini untuk berburu berbagai macam kebutuhan seperti baju , tas, sepatu bahkan elektronik   yang asli branded sampai dengan yang biasa - biasa saja dengan harga yang relatif murah dan bisa melakukan tawar menawar pula. Wajar saja Kalau Pusat Grosir Mangga Dua ini menjadi salah satu tujuan wisata belanja dari 12 destinasi wisata pesisir Jakarta Utara.

6. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan lokasi wisata kebanggaan Jakarta Utara. Karena di lokasi wisata ini banyak sekali taman -taman hiburan yang mampuh memuaskan para wisatawan, seperti Dunia Fantasi yang di dalamnya banyak terdapat arena bermain  yang mampuh memacu adrenalin serta panggung - panggung hiburan yang dimeriahkan oleh artis - artis Ibukota juga pertunjukan spektakuler yang bahkan didatangkan dari luar negri yang semua itu adalah untuk memberikan kepuasan para pengunjung.Di Taman Impian Jaya Ancol juga ada wisata pantai dan pertnjukan film 4 dimensi serta wahana bermain es . Belum lagi pertunjukan hewan laut yang pandai seperti lumba-lumba dan kita juga disuguhkan dengan berbagai macam jenis biota laut dalam aquarium raksasa di Sea Word.Itu semua menjadikan Taman Impian Jaya Ancol sebagai andalan destinasi di Jakarta Utara.

7. Bahtera Jaya Ancol
Bahtera Jaya Ancol letaknya tidak jauh dari Taman Impian Jaya Ancol , lebih ke arah Timur. Lokasi ini selain sebagai tempat atau Pusat Pembinaan Olahraga Air juga sebagai tempat wisata pantai. Bahtera Jaya Ancol yang dikenal dengan nama Gelanggang Olahraga Bahtera Jaya Ancol ini menjadi tempat rekreasi pantai untuk umum yang murah.

8. Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok merupakan stasiun tertua yang letaknya berseberangan dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bangunan tua ini  memiliki bentuk bangunan yang hampir mirip dengan bangunan - bangunan yang ada di kota tua. Stasiun Tanjung Priok selain sebagai salah satu dari 12 destinasi wisata pesisir Jakarta Utara juga menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta. Stasiun Tanjung Priok adalah stasiun termegah di Asia Tenggara pada masanya, stasiun ini memiliki sejarah dalam roda perekonomian Batavia.

Wajar bila Stasiun Tanjung Priok merupakan bagian dari  sejarah Batavia, karena di dalam bangunan tua ini terdapat terowongan rahasia yang konon menembus kebeberapa arah yang pada jaman penjajahan digunakan sebagai  akses jalan rahasia yang konon tembus sampai ke Sunda Kelapa , Stasiun Kota bahkan Istana Negara dan beberapa pulau kecil di Teluk Jakarta.Misteri terowongan bawah tanah di Stasiun Tanjung Priok ini masih menjadi misteri dan belum terpecahkan sampai saat ini. Di Stasiun Tanjung Priok ini juga terdapat losmen - losmen di lantai atasnya sebagai tempat menginap para penumpang pada masa lalu . Kini Losmen - losmen itu tidak lagi berfungsi.

9. Jakarta Islamic Centre

Jakarta Islamic Center yang berdiri diatas lahan bekas lokalisasi terbesar di Jakarta yang dikenal dengan sebutan Kramat Tunggak merupakan   tempat pengkajian dan pengembangan Islam di Jakarta. Jakarta Islamic Center terletak di Jl Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja ini adalah bangunan Masjid besar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas . Jakarta Islamic Center merupakan jalur wisata religi selain Masjid Luar Batang dan Masjid Al-Alam Marunda.

10. Kampung Tugu

Kampung Tugu yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara ini di dalamnya terdapat Gereja Portugis tertua di Jakarta. Kampung ini  diperuntukan bagi bekas Mardijkers atau tentara Portugis yang sudah dibebaskan dari tawanan perang. Hingga saat ini keberadaan Kampung Tugu yang dihuni sebagian besar keturunan Portugis tetap dipertahankan sebagai lokasi tujuan wisata di Jakarta Utara. Untuk menarik para wisatawan di Kampung Tugu ini masih bertahan kesenian musik tradisional Portugis yaitu Keroncong Tugu yang sudah dikenal hingga mancanegara.

11. Kampung Marunda

Kampung Marunda identik dengan Masjid Al-Alam Marunda yang konon Masjid ini didirikan dalam waktu satu malam. Masjid Al -Alam Marunda ini merupakan lokasi wisata religi yang terdapat di ujung bagian Timur Kota Jakarta Utara. Tidak jauh berbeda dengan Masjid Luar Batang, Masjid Al-Alam Marunda ini juga kerap dikunjungi para penziarah, baik domestik maupun mancanegara.


Tidak Jauh dari Masjid Al-Alam Marunda terdapat peninggalan  bersejarah yaitu Rumah si Pitung.
Si Pitung adalah tokoh legenda Jakarta yang juga merupakan tokoh yang menentang penjajah Belanda pada jamannya. Tidak berlebihan jika Si Pitung di jadikan icon dari 12 Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara.

12. Sentra Belanja Kelapa Gading
Selain Pusat Grosir Mangga Dua, di Jakarta Utara terdapat juga kawasan belanja Kelapa Gading yang terkenal dengan berbagai macam kulinner selain wisata belanja. Pusat Kulinner Kelapa Gading akan sangat terlihat ramai dan banyak dikunjungi pada saat Ramadhan, karena berbagai jenis makanan berbuka akan tersedia disini.

Jadi jangan salah sangka, kalau Jakarta Utara itu bukan semata-mata  lokasi atau wilayah yang panas dan gersang, ternyata masih banyak tempat yang perlu dikunjungi untuk membuktikan bahwa Jakarta Utara juga memiliki tempat - tempat wisata yang indah dan bersejarah.

Selamat Datang di jakarta Utara. Jangan lupa kunjungi 12 Destinasi Jalur Wisata Pesisir jakarta Utara.

0 komentar