Lestarikan Bahasa Daerah, Gunakan Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing

Sebagaimaa yang telah sama-sama kita ketahui bahwa Jakarta merupakan kota yang dihuni oleh berbagai macam warga yang berasal dari berbagai wilayah di tanah air
Kutipan dari Ivan Razela Lanin

 

Warga Jakarta dan Bahasa 


Post kali ini terinspirasi dari anjuran yang disampaikan oleh Ivan Razela Lanin yang merupakan salah seorang pakar teknologi informasi yang mengatakan bahwa "Utamakan Bahasa Indonesia, Pelihara Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing."

 

Anggap saja post kali ini semacam intermezzo, tetapi sebenarnya kalau dikaitkan dengan tema blog ini yang membahas segala sesuatu tentang Jakarta dan sekitarnya maka masih memiliki relevansinya ... hehe.

Sebagaimana yang telah sama-sama kita ketahui bahwa Jakarta merupakan kota yang dihuni oleh berbagai macam warga yang berasal dari berbagai wilayah di tanah air dan warga asing dari berbagai negara.

Dalam kesehariannya, penulis menggunakan tiga bahasa yakni Bahasa Daerah yaitu Bahasa Minang ketika berbicara dengan keluarga, saudara maupun teman-teman penulis yang berasal dari wilayah yang sama, juga ketika mencoba menawar dagangan kalau penjualnya berasal dari Sumatera Barat juga ... hehe ..., kemudian menggunakan Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu dan bahasa resmi pada kesempatan-kesempatan resmi serta menggunakan Bahasa Asing yaitu Bahasa Inggris ketika melaksanakan kewajiban sebagai pengajar Bahasa Inggris. 

Tetapi untuk Bahasa Daerah, adakalanya penulis juga menggunakan Bahasa Betawi yang akrab digunakan dalam kehidupan sesehari di Jakarta ini, juga sedikit-sedikit ber-Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa, selain tentu saja menggunakan bahasa dan istilah ala kids zaman now  :)

Kembali ke topik bahasan, penulis sangat suka dan mendukung anjuran yang disampaikan oleh Ivan Razela Lanin ini dengan sejumlah alasan yang terlalu panjang untuk dijabarkan. Intinya barangkali adalah kita harus terus menjaga Ke-Indonesia-an kita yang majemuk ini, dan tetap selaras dengan dinamika zaman karena berbagai perkembangan informasi teknologi masih banyak yang menggunakan Bahasa Asing. 

Untuk penggunaan Bahasa Asing, agaknya bukan hanya Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional itu saja yang hendaknya perlu dikuasai tetapi juga bahasa-bahasa asing lainnya seperti Bahasa Arab (terutama untuk ummat Muslim agar lebih memudahkan pemahaman terhadap berbagai literatur Islam dan sebagainya), Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan lain-lainnya. 

0 komentar