Rabu, 27 Desember 2017

Kini Ada Shuttle Bus Tanah Abang Explorer di Pasar Tanah Abang

Kini Ada Shuttle Bus Tanah Abang Explorer di Pasar Tanah Abang

Kini Ada Tanah Abang Explorer di Pasar Tanah Abang
Shuttle Bus Tanah Abang Explorer

 

Iseng Jalan-jalan ke Tanah Abang

 

Dalam mengisi waktu liburan akhir tahun ini, penulis merencanakan untuk berjalan-jalan ke berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya seperti yang penulis lakukan hari ini, Rabu (27/12/2017) untuk mencari inspirasi yang akan diolah sebagai materi konten blog ini dan juga vlog yang tengah penulis persiapkan. Untuk yang kedua, penulis merencanakan aktivitas vlogging itu sebagai penunjang kegiatan penulis sebagai pengajar agar bisa memenuhi kebutuhan kids zaman now :)

Well, ... Selain alasan di atas, jalan-jalan ke Tanah Abang kali ini adalah untuk memastikan dan melihat sendiri perubahan yang tengah terjadi di pusat perbelanjaan yang konon sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara itu.

Kenapa demikian? Melihat dan mengamati fenomena yang terjadi pada beberapa tahun terakhir dimana penulis dan mungkin sebagian pembaca umumnya dengan mudahnya terpesona dengan melihat foto-foto yang ditampilkan di media sosial yang umumnya bertujuan untuk membentuk dan menggiring opini yang berkaitan dengan urusan politik.

Penulis sendiri merupakan orang non-partisan tetapi menurut penulis, adalah baik kiranya untuk bersikap kritis melihat fenomena yang berkembang selama beberapa tahun belakangan sebagaimana disebutkan di atas karena mengutip kata-kata bijak dari masyarakat Jawa: "Ojo gumunan, ojo kagetan dan ojo dumeh yang berarti jangan mudah heran, jangan mudah kaget, jangan mentang-mentang".
 
Menurut penulis lagi, kata-kata bijak yang merupakan wejangan arif itu masih dan tetap relevan untuk diterapkan dalam melihat berbagai fenomena agar rasionalitas kita tetap terjaga. Bukankah dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak ditemui peredaran foto-foto yang diklaim berada di Jakarta tetapi nyatanya bukan alias hoax?

Kembali ke bahasan, tujuan utama jalan-jalan ke Tanah Abang hari ini adalah untuk memastikan kondisi Tanah Abang sebagaimana yang diberitakan melalui tulisan dan foto-foto yang ada itu benar adanya. Setelah melihatnya sendiri, ternyata foto-foto itu benar adanya alias sesuai dengan foto-foto yang tersebar.

Tetapi ada satu hal yang luput dari rencana awal dan tak pernah penulis pikirkan sebelumnya yaitu tentang keberadaan Shuttle bus Tanah Abang Explorer  karena terus terang penulis memang belum mengetahuinya sebelumnya ... Dasar kudet :)

Jadi, bahasan kali ini penulis sempitkan untuk membahas soal keberadaan shuttle bus Tanah Abang Explorer ini terlebih dahulu karena menurut penulis ada baiknya bahasan soal Tanah Abang ditulis secara terpisah selain tentunya agar 'Content Bank' yang penulis miliki menjadi lebih banyak ...  hehe

Selepas keluar dari Stasiun Tanah Abang, penulis memilih menggunakan kereta karena lokasi 'target' memang berada di dekat Stasiun Tanah Abang itu,  sembari menikmati lagu Jabrik dari Edane  yang liriknya ada kata-kata Tanah Abang ini ... Biar kontekstual ... hehe, penulis melihat shuttle bus dan kemudian penulis pun bertanya kepada salah seorang anggota satpol yang ada di lokasi.

Pak satpol tersebut mengatakan bila shuttle bus tersebut memang merupakan sarana baru bagi para pengunjung Pasar Tanah Abang yang baru ada sejak satu pekan terakhir sembari mengatakan bila shuttle bus itu gratis. Sebagaimana namanya, shuttle bus itu bertolak dari Stasiun Tanah Abang dan selanjutnya melewati beberapa Blok di Pasar Tanah Abang dan kemudian ke Stasiun Tanah Abang lagi. Pak satpol selanjutnya mengatakan bila jumlah unit armada shuttle bus saat ini terdiri dari 10 unit.

Singkat cerita, maka naiklah penulis ke dalam shuttle bus itu dan tentu saja selama perjalanan penulis bertanya-tanya karena memang 'kepo' kepada kondekturnya tentang titik-titik mana saja yang dilewati dan sebagainya.

Di dalam Shuttle Bus Tanah Abang Explorer


Selama perjalanan, penulis menyaksikan antusiasme pengunjung Pasar tanah Abang ketika menaiki fasilitas baru ini terutama ibu-ibu yang membawa barang-barang belanjaan mereka. Mereka sangat terbantu sekali dan merasa senang yang terlihat dari senyum di wajah-wajah mereka karena selain gratis, shuttle bus juga aman dan nyaman seperti halnya bus Transjakarta. Penulis sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah ini.
images: Pribadi
Kini Ada Shuttle Bus Tanah Abang Explorer di Pasar Tanah Abang
4/ 5
Oleh

Comments