Jumat, 22 Desember 2017

Geliat Pasar Malam di Jagakarsa

Geliat Pasar Malam di Jagakarsa

Geliat Pasar Malam di Jagakarsa
Jumat, 22 Desember 2017

 

Geliat Pasar Malam di Jagakarsa


Geliat pasar malam di Jagakarsa pada beberapa tahun terakhir ini memberikan alternatif bagi warga yang ingin membeli aneka keperluan mereka selain tentu saja mampu menggerakkan ekonomi masyarakat kecil.

Keberadaan pasar malam yang dibuka hanya sekali seminggu di sejumlah titik di Kawasan Jagakarsa ini terdapat  di Jalan Kebagusan Raya, Lapangan Al-Bayyinah, Jalan Al-Kahfi 1 dan 2, dan Jalan Sirsak.

Keberadaan pasar-pasar malam ini menurut penulis tidak mengganggu, kecuali pada beberapa kesempatan, karena kekurangdisiplinan beberapa warga yang berbelanja yang kadang memarkir motor-motor mereka tidak pada area semestinya terutama di Lapangan Al-Bayyinah yang terletak di persimpangan Srengseng Sawah dan Jalan Al-Kahfi 2 sehingga membuat gerak lalu lintas di sekitar situ menjadi agak tersendat. Tetapi karena hanya dibuka pada setiap Minggu malam dimana umumnya warga sedang berlibur, maka hal itu tidak terlalu mengganggu.

Bagi penulis sendiri yang hanya bepergian dengan mengendarai motor, hal itu tidak menjadi masalah sama sekali karena penulis sudah mengetahui kapan-kapan saja pasar-pasar itu beroperasi, juga telah mengetahui jalan-jalan alternatif yang bisa dilalui untuk menghindari kemacetan yang disebabkannya.

Namun demikian, pihak koordinator pasar-pasar tersebut agaknya harus lebih disiplin lagi dalam soal perparkiran ini seperti halnya perhatian pada segi keamanan dan ketertiban lingkungan yang hingga saat ini aman-aman saja.

Kembali ke topik, pasar malam bisa menjadi sarana hubungan kerjasama yang saling menguntungkan yang dalam istilah Biologi disebut sebagai simbiosis mutualisme itu karena mempertemukan dua obyek yang saling membutuhkan yaitu antara masyarakat ekonomi kecil dan para pedagang modal kecil.

Bagi para pedagang modal kecil, pasar malam menjadi sarana mereka untuk berjualan karena dengan keterbatasan modal yang mereka punyai, sulit bagi mereka untuk menyewa tempat berjualan permanen.

Keberadaan pasar malam juga menjadi sarana vital yang telah terbukti di saat krisis moneter melanda Indonesia beberapa tahun silam berhasil menjadi jaring pengaman sosial.

Selain itu, masyarakat yang memiliki anak-anak bisa juga terhibur dengan adanya aneka permainan sederhana.

Penulis sendiri kadang-kadang iseng untuk sekedar melihat-lihat dan kadang-kadang malah membeli berbagai barang karena harganya relatif lebih murah, selain juga bertujuan membantu gerak ekonomi masyarakat bawah sebagaimana penulis sendiri yang merupakan bagian dari masyarakat bawah.

Ingat pasar malam, penulis jadi teringat dengan salah satu lagu dari band yang sudah bubar yaitu band Symphony yang berjudul sama.

Dalam lagu dari band yang dimotori oleh musisi Fariz Roestam Moenaf ini menurut penulis mampu mengillustrasikan pasar malam dengan sangat baik .. hehe ... Yuk kita simak :)




sumber: youtube
image: akumassa

Geliat Pasar Malam di Jagakarsa
4/ 5
Oleh

Comments